Komentar Spam Rusak Kualitas Blog

Komentar Spam Rusak Kualitas Blog
No Spam
Komentar Spam Rusak Kaulitas Blog bukan rahasia lagi, apalagi ketika ada komentar dengan mengikutsertakan link aneh dan tidak jelas. Bila terjadi dan ada komentar acak-acak yang umumnya dilakukan oleh pemburu traffic, maka sebagus apapun blog kita hanya tinggal menunggu waktu kena pinalti google. Sebenarnya yang kena bukan blog kita, tapi karena ada link blog yang tidak disukai oleh google, maka pastinya blog kita akan terkena imbasnya.

Oh, komentar blog saya sudah di setting menggunakan moderasi. Apakah masih juga akan masuk komentar buruk? Untuk blog yang dimoderasi memang sedikit lebih aman, dibanding blog dengan komentar otomatis publish. Tapi jangan salah, dalam waktu tertentu ketika tiba-tiba blog yang biasanya baik dan berada pada posisi bagus akan melorot secara perlahan. Apa penyebabnya padahal komentar yang ditampilkan sudah di moderasi?

Komentar yang dimoderasi memang sedikit lebih aman, karena author blog akan menampilkan komentar setelah dilihat dan dibaca. Jangan salah, banyak komentar blog yang menyertakan url pada komentarnya dan kemudian blognya tersebut mati atau url yang ditautkan bersama komentarnya dihapus. Bila hal itu terjadi, Maka pemilik blog yang terkena sialnya, yaitu jadi tong sampah link rusak (broken link) yang sangat tidak disukai oleh google atau mesin pencari lainnya. Jadi bila melihat ada blog yang menutup atau tidak memuat komentar kita ya jangan marah atau kesal, karena menampilkan atau menolak adalah hak author blog yang bersangkutan.

Cara Mengatasi Komentar Spam Rusak Kualitas Blog


Ada beberapa cara mudah mengatasi agar tidak ada komentar spam di blog, dimana tidak perlu pusing dan kuatir bila komentar itu ada akan menjadi spam dan kemudian merusak. Cara-cara mengatasi komentar spam antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Setting komentar selalu pada posisi moderasi, atau bila menggunakan blogspot bisa gunakan komentar G+. Untuk komentar G+ ini ada thema template yang tidak bisa dan jika bisa pun ada sedikit kekurangannya, yaitu agak berat. Komentar G+ ini memang bisa disertakan ribuan link oleh spammer, tapi biarkan saja mereka yang tanggung sendiri link spammer yang ditebar di komentar G+. Dijamin link spammer yang ada di G+ ga berarti apa-apa dalam pencarian backlink. 
  2. Gunakan komentar facebook. Bila tidak mengerti cara membuatnya, silahkan browsing mengenai cara membuat komentar dengna facebook. Untuk blog yang menggunakan komentar facebook juga tergolong aman dan sama dengan menggunakan G+, karena link spammer yang ditebar tidak akan dapat dapa-apa. Komentar facebook jarang ada link spammer, kecuali si atuhor spammer masih hijau alias lagi senang tebar link, sekaligus pemburu traffic bodoh.
  3. Bila ingin publish komentar sebaiknya periksa dan lihat dahulu komentar yang akan ditampilkan. jangan tampilkan komentar yang berbeda jauh dari topik tulisan, bahkan terkadang ada komentar iklan obat kuat atau sejenisnya dari penulis kacangan akan mampir di tulisan kita. Mungkin sebaiknya tampilkan komentar dari penulis komentar yang telah dikenal itu lebih baik. Blog banyak komentar itu belum tentu blog bagus, bahkan akan jadi blog buruk dan bakal menyimpan banyak link rusak nantinya.
  4. Buat setelan komentar pada posisi selalu di moderasi dan hanya untuk pengguna akun google 
  5. Biarkan kotak komentar tampil dengan setelan selalu moderasi dan jangan pernah tampilkan komentar yang masuk. Ini jalan terkahir dan aman bagi kesehatan blog kita. Biarlah orang marah atau menggerutu karena komentarnya tidak pernah ditampilkan. Jangan salah, blog yang tidak dimoderasi dalam waktu sekejap akan dikunjungi oleh banyak pemburu link.
Buat teman-teman di SMK Negeri 1 Cariu, setting supaya tidak ada komentar spam rusak kualitas blog kita. Semoga berguna buat tulisan raih prestasi bersama smk negeri 1 Cariu, karena komentar yang cuma kata bagus, keren atau ga nyambung bakal buat artikel tersuruk. Ok, jangan lupa daftar link url lombanya di pendaftaran yang ada di sebelah kanan blog info smkn1cariu. Sukses buat seluruh siswa SMK Negeri 1 Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,