Cara Buat Posting Terbaik di Blog

Cara Buat Posting Terbaik di Blog sangat penting untuk diketahui oleh penulis blog pemula, agar hasil postingan disukai mesin pencari, terutama google. Bagi yang sudah mahir silahkan duduk manis dan lanjutkan tulisan posting supaya lebih banyak dan lebih bermanfaat bagi semua pembaca. Ok, kita lanjut bagaimana cara nulis posting yang baik selanjutnya dibawah ini.

Buat posting terbaik berarti hasil tulisan atau posting memiliki kualitas baik. Pada tahap awal menulis posting di blog pasti terasa sulit dan banyak aturan, karena harus ini dan itu. Nah, apapun ceritanya untuk bisa atau dapat yang terbaik pasti tidak mudah, kecuali posting bisa dibuat pakai ilmu sihir. Untuk itu, mau tidak mau ya harus ikuti apa yang diinginkan oleh mesin pencari (google, bing, yahoo atau lainnya). Ada beberapa hal agar posting yang dibuat itu jadi yang terbaik, terutama bagi posting blog pemula.

Langkah awal buat posting terbaik di blog adalah sebagai berikut:

  • Masuk (login) ke Blogspot.com
  • Klik Entri Baru seperti gambar di bawah ini;
Cara Buat Posting Terbaik di Blog
Klik Entri Baru
  • Buat Judul, sebaiknya judul dibuat sederhana (singkat), tidak menggunakan simbol, selain huruf dan angka, dan kemudian judul sebaiknya adalah merupakan kata kunci (keyword) posting yang sedang dibuat. Judul dibuat seperti pada tulisan ini, bisa dilihat pada gambar di bawah ini:
Cara Buat Posting Terbaik di Blog
Buat Jusul Singkat Padat
  • Buat label, adalah membuat label atau kategori (jenis) dari posting yang sedang dibuat. Misalnya adalah pada posting kali ini, label dibuat "Tutorial" seperti terlihat pada gambar, dan boleh saja ditambah dengan memasukan judul setelah label singkat. Untuk membuat label bisa dilihat pada gambar di bawah ini, yaitu langkah no.1 dan kemudian tutup pada langkah no. 2: 
Cara Buat Posting Terbaik di Blog
Buat Label Posting
  • Mulai buat posting dengan meletakkan "Judul Posting" pada awal kalimat paragraf pertama, agar mesin pencari melihat judul sebagai "kata kunci" dari posting. Pada "kata kunci" atau "judul" tersebut diberi garis bawah (underline), ditebalkan (bold) dan kemudian dimiringkan (italic) sebagai tanda bahwa kata tersebut adalah "penting" dimata mesin pencari, utamanya mesin pencari google. Untuk ilustrasi seperti pada posting kali ini.
  • Langkah berikut adalah membuat deskripsi posting, yang berguna sebagai penjelasan tentang isi psoting secara singkat kepada mesin pencari google. Deskripsi dibuat dari awal kalimat alenea pertama posting, dengan posisi kata kunci (judul) dibagian awal dari deskripsi. Lalu yang terpenting lagi dari membuat deskripsi adalah, jumlah karakter deskripsi tidak lebih dari 150 karakter, lalu klik selesai. Untuk meyakinkan dan melihat jumlah karakter silahkan cek di wordcounter.net, nanti jumlah kata dan huruf (karakter) otomatis diketahui.
Cara Buat Posting Terbaik di Blog
Cara Buat Deskripsi Posting
  • Lanjutkan penulisan hingga selesai sesuai judul, deskripsi dan label posting yang sedang dibuat. Buat posting tidak kurang dari 300 kata, atau dengan kata lain jumlah seluruh kata pada postingan ketika dilihat atau diukur di wordcounter lebih dari 300 kata.
  • Buat ulang kata kunci (judul) pada posting dengan memberi bold, italic dan underline sebagai kata kunci dari postingan. Untuk pengulangannya diharpkan jangan terlalu berlebihan, paling tidak dua atau tiga buah untuk 300 kata sudah cukup, asalkan sesuai dengan konten. Untk variasi kata kunci (keyword), usahakan gunakan sinonim atau arti yang sama dengan kata kunci yang dibuat. Hal ini untuk menghindari anggapan spamy dari google. Prosentase kata kunci sebaiknya diukur dan dilihat pada tools online "keyword density", agar keyword  yang dibuat tidak berlebihan. Untuk standarisasi angka prosentase yang sempurna rasanya belum ada tulisan atau refferensi baku dan kuat. Kadang posisi psoting agak tidak nyambung duduk di posisi puncak halaman pertama mesin pencari, dan sebaliknya ada yang prosentase (keyword density) kecil ketika diukur tapi duduk di posisi puncak. Dari sekian banyak referensi, sebaiknya keyword density pada keyword yang dituju (judul) tidak lebih dari 3%.
  • Tambahkan gambar (image) pada postingan agar lebih menarik dan tidak membosankan. Untuk menambahkan gambar, klik isert image seperti gambar dibawah ini, kemudian letakkan gambar sesuai dengan keinginan. Bisa ditengah, kiri atau kanan dengan menyeretnya. Untuk posisi tengah, sebaiknya hilangkan link, yaitu klik gambar dan klik link yang berwarna biru.
Cara Buat Posting Terbaik di Blog
Klik Insert Image

Cara Buat Posting Terbaik di Blog
Hilangkan Link Gambar
  • Buat Alt teks pada gambar, yaitu dengan mengklik gambar (image) lalu copy pastekan "judul" kotak kedua (bagian bawah) yang bertuliskan "alt teks", seperti pada gambar di bawah ini:

Cara Buat Posting Terbaik di Blog
Properties Gambar
  • Terakhir perihal properties gambar adalah membuat caption, yaitu tulisan yang terletak dibawah gambar (image). Untuk membuatnya hampir sama dengan cara membuat properties (gambar diatas). Klik pada tulisan "caption".
  • Buat kalimat terakhir dan letakan "judul" atau "keyword" ebagai kata kunci (keyword) postingan kali ini. Jangan lupa cek seluruh kata dalam tulisan (posting) agar tidak kurang dari 300 kata dan ukur kata kunci agar tidak berlebihan. Satu lagi, check dulu di palgiarism checker, barangkali ada kalimat yang sama dengan posting yang pernah di publish orang lain. Ini akan berakibat duplikat dan hal paling dibenci oleh Google.
  • Bila sudah yakin benar dan tidak ada kekurangan atau kesalahan ketik, silhakan publish posting yang baru dibuat.
  • Submit url posting yang baru dibuat ke google lewat google webmaster tools dan ke Bing webmaster tools, agar posting diindeks oleh mesin pencari google dan bing (bing  + Yahoo).

Langkah Akhir Buat Posting Terbaik


Langkah akhir ini juga tidak kalah penting dari langkah diatas, bisa disebut langkah diatas adalah onpage seo. Sekarang bila sudah di publish, langkah yang harus dilakukan adalah membuat posting yang baru dibuat dibaca orang, alias popules. Nah untuk membuat posting populer bukan hal sulit, silahkan share di media social seperti, google plus, facebook, twitte, tumblr, flikr, digg, pinterest, bitly dan lain sebagainya. Ingat! Jangan terlalu berlebihan ketika mempopulerkan posting, karena kan dianggap spam oleh mesin pencari Google. Kalau suduah dianggap spam, maka jangan harap posting tampil dihalaman pertama, bisa-bisa postingan ada dilaut.

Gunakan social media untuk mempopulerkan postingan yang baru dibuat sewajarnya, misalnya satu hari di share 2 hingga 5 kali saja ke meida social. Lantas esok harinya lakukan lagi, dengan melakukan share url (alamat posting) di media social lain, begitu selanjutnya, hingga postingan merambat naik dan bercokol di halaman pertama google. Selain ke media social, share atau letakkan link dengan cara berkomentar di blog lain. Komentar dibuat sesuai dengan topik yang akan di share, jangan posting sepatu di share ke posting obat kuta, apalagi situs porno, bila terjadi dijamin "tak berguna".

Wah, banyak juga nih tulisan Cara Buat Posting Terbaik di Blog, semoga berguna khususnya bagi lingkungan internal SMKN 1 Cariu, SMK Bisa Kabupaten Bogor. Selamat mencoba!! "Tulisan terbaik bukan juga diukur dari posisi posting di google, tapi berapa banyak yang baca dan suka dengan tulisan yang dibuat" (Mbah Toplak)