Membuat Blog Gratis di Blogspot

Membuat Blog Gratis di Blogspot
Membuat Blog Gratis di Blogspot
Membuat Blog Gratis di Blogspot bisa dilakukan setelah membuat gmail,  langsung menuju blogspot.com dan mulailah dengan membuat judul dan url blog. Caranya mudah, yaitu hanya dengan mengetikan blogspot.com di browser computer maka otomatis akan membuka blogspot.com. Langkah berikut ketika berada di beranda blogspot mulailah membuat blog dengan mengklik kotak sebelah kiri atas, lalu akan muncul kotak yang harus diisi dengan judul dan url serta pilihan template blog. Pada kota ini, terutama untuk judul dan url harus di pikirkan sebelum diisi. Judul dengan url blog bila salah buat, maka hasilnya tidak akan baik dan mungkin hanya dipembuat blog yang tahu pada blog yang dibuat tersebut.

Langkah Awal Membuat Blog Gratis di Blogspot, Buat Judul dan URL Blog


Sebelum membuat blog atau website tentunya si pembuat harus menyadari, bila blog atau website akan berhubungan dengan mesin pencari (search engine) seperti google, bing, yahoo dan mesin pencari lainnya. Jadi, blog yang akan dibuat pun sebaiknya  mengikuti aturan yang disukai oleh search engine, terutama adalah search engine google. Judul dan url blog sangat berpengaruh pada disukai atau tidak oleh search engine. Untuk itu, sebelum membuat blog, buat persiapan judul dan url yang baik.

Sedikit ilustrasi dalam persiapan membuat judul dan url blog yang disukai oleh search engine. Misalnya blog yang dibuat itu tujuannya adalah untuk blog pribadi yang memuat tulisan-tulisan yang bersifat pribadi atau sekedar corat-coret iseng seperti puisi, cerita dan lain sebagainya. Untuk blog tersebut judul bisa dibuat dengan menggunakan “blog + nama pemilik” lalu urlnya juga sama dengan nama pemiliknya (namapemilik.blogspot.com).

Membuat Blog Gratis di Blogspot
Buat blogspot

Bila telah membuat nama blog (mis: Blog Fulan), url blog (http://fulan.blogspot.com atau http://fulan.wordpress.com), dan memilih template (tampilan blog), maka artinya blog telah terbuat dan siap untuk diisi tulisan atau apapun yang ingin ditampilakn secara online. Blog yang dibuat bisa dibuat pribadi (hanya bisa dibaca oleh si pembuat, oleh teman) atau bisa dibaca oleh umum. 

Membuat Blog Gratis di Blogspot
Buat Judul dan URL Blog

Judul yang tidak sama dengan url (alamat blog) umumnya tidak disukai oleh search engine, terutama oleh google search. Lalu bagaimana bila ketika membuat url blogspot, ternyata telah ada yang lebih dahulu membuatnya? Untuk persoalan tersebut langkah terbaik, bila memang tetap menginginkan menggunakan nama ya tinggal menambahkan nama belakang saja. Misalnya nama lengkap adalah Fulan Heboh, maka url yang dibuat bisa fulanheboh.blogspot.com, lalu judul blog bisa dengan “Blog Fulan Heboh atau Fulan Heboh” . Atau url bisa dengan fulan+he atau fulan+do, hingga jadinya fulanhe.blogspot atau fulando.blogspot, Nah untuk judul berarti “ Blog Fulanhe atau Blog Fulando”

Membuat judul yang baik menurut google adalah tidak menggunakan tanda -,_,angka, atau kode unik lain yang tidak disukai oleh search engine. Lalu judul yang baik bagaimana? Untuk judul yang baik disarankan menggunakan dua suku kata. Bila terpaksa dan tidak mungkin memotong judul yang ingin di masukkan di blog, seperti contoh “Fulan Heboh Banget” maka sebaiknya pada penulisan judulnya dibuat dua suku kata menjadi “Fulan HebohBanget”. Apalagi ingin ditambah dengan nama “Blog” di depan nama tersebut yang mungkin akan jadi empat suku kata. Bila memang ingin memasukan seluruh nama dan tidak mungkin memotongnya, maka sebaiknya dibuat “Blog FulanHebohBanget”. 

Setelah judul dibuat seperti contoh “Blog Fulan” atau “Fulan Heboh”, maka url sebaiknya dibuat fulan.blogspot atau fulanheboh.blogspot. Bila judul seperti contoh sebelumnya, lalu ketika membuat url berbeda, bisa dipastikan blog atau website sulit untuk jadi popular dan disukai oleh search engine seperti google. Jangan sampai judul blog “Blog Fulan Heboh” lalu url blognya dibuat “fulheb.blogspot”, maka bisa dipastikan tidak akan disukai oleh google search atau mungkin pembaca juga bingung ketika melihat judul dan alamat blognya. Kenapa tidak disukai oleh search google? Sebabnya adalah judul “ Fulan Heboh” tidak ada kaitannya dengan “fulhep”, arti dari judul dan url sangat berbeda. Itulah sebabnya tidak akan popular dimata google dan search engine lainnya.

Ada lagi cara terbaik ketika membuat Membuat Blog Gratis di Blogspot, agar disukai oleh mesin pencari. Pada umumnya cara ini digunakan saat membuat blog/website gratis dengan tujuan bisnis. Ilustrasi sederhananya adalah akan membuat blog toko sepatu, untuk judul bisa dibuat “sepatu murah”, lalu url websitenya dibuat “sepatumurah.blogspot”. Untuk website berbayar, maka urlnya tentu hanya “sepatumurah” diikuti ekstensi com, net, atau sejenisnya. Pada tahap awal umumnya judulnya bisa diuji di keyword research, apakah baik atau tidak. Atau mudahnya adalah dengan memasukkan ke pencarian google, dan otomatis akan melihat berapa banyak web atau blog sejenis yang tampil. Semakin banyak, maka akan semakin banyak saingannya dan semakin banyak link terkaitnya. Mari SMKN1 Cariu, SMK Bisa Membuat Blog Gratis di Blogspot!