Persiapan Membuat Website atau Blog Gratis

Persiapan Membuat Website atau Blog Gratis
Blogspot
Persiapan Membuat Website atau Blog Gratis perlu dilakukan, karena membuat website atau blog itu berkaitan dengan berbagai hal, misalnya: website atau blog berbayar atau gratisan, tujuan bisnis atau personal, dan lain sebagainya. Kali ini anggap saja akan membuat sebuah website gratis, boleh berbasis google, wordpress atau lainnya. Setelah memilih, lantas tentukan tujuan website/blog yang akan dibuat, yaitu untuk bisnis, personal yang berisi tulisan pribadi.

Untuk domain berbayar sebenarnya tidak jauh berbeda, karena yang dilakukan hanyalah membeli domain (nama website) sesuai dengan nama yang diinginkan dan hosting (ruang website). Umumnya untuk website/blog berbayar memiliki banyak kelebihan dibanding website/blog gratisan. Namun, untuk kualitas, berbayar atau tidak tergantung dari proses pembuatannya. Sebuah website/blog gratisan seperti blogspot misalnya, mungkin akan lebih baik dari pada website/blog berbayar. Sebaliknya, website berbayar tentu akan jauh lebih baik dari gratisan, bila proses dan lain sebagainya dilakukan dengan benar.

Website/blog yang baik bukan dilihat dari tampilan, banyak gambar, slider dan lain sebagainya. Website/blog yang baik dan benar pasti disukai oleh search engine (google, bing, yahoo dan lainnya). Kita juga bisa merasakan bila website atau blog yang sedang kita buka itu baik, seperti ringan ketika dibuka, tidak terlalu banyak iklan dan informatif, sesuai dengan harapan. Lain ceritanya ketika membuka sebuah website atau blog, waktu loading lama, muncul iklan disana-sini, dan belum lagi isi atau konten asal jadi, meskipun cantik dan indah template websitenya maka akan membosankan.

Baik, anggap kita sudah ambil pilihan untuk membuat blog versi gratisan. Tahap berikut adalah memilih versi gratisan darimana? Google, wordpress atau lainnya? Sebagai saran dalam memilih, sebaiknya pilih versi google, yaitu blogspot.com. Kenapa harus memilih blogspot.com? Ini bukan promosi atau iklan, dari sekian banyak blog gratisan, hanya versi blogspot yang paling enak dan mudah dalam optimasi. Bagaimana dengan Versi Wordpress? Untuk wordpress sebenarnya tidak jauh berbeda dengan blogspot, tapi perlu diingat bahwa blogspot adalah miliki google dan google adalah search engine nomer satu dunia. Bukan berarti wordpress lebih buruk disbanding blogspot, keduanya ada plus dan minusnya. Semua tergantung dari cara membuat website atau blog selanjutnya setelah memilih versi gratisan.
Untuk penulis secara pribadi bila ditanya dan harus memilih, maka untuk versi gratisan adalah blogspot (google grup) dan bila berbayar maka pilihan jatuh pada tema joomla dan wordpress. Alasan memilih blogspot adalah disebabkan oleh factor google sebgai pemilik blogspot. Lainnya adalah fasilitas blogspot lebih luas jangkauannya, apalagi ketika melakukan perubahan disana-sini. Intinya, blogspot lebih bebas dan banyak fitur yang membantu dalam mencapai tujuan dari website atau blog yang dibuat. Lainnya mungkin blog versi blogspot secara otomatis akan diindeks oleh google, kemudian pemilik blogspot tinggal optimasi dan update saja.

Setelah memilih tema blogspot untuk blog gratisan, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan template yang baik. Template dalah tampilan website atau blog ketika dibuka lewat browsing internet. Tema template yang disukai bukan hanya bagus dan cantik, tapi juga harus disukai oleh search engine. Nah, jenis tema template yang disukai search engine adalah template yang SEO friendly. Untuk mencari seo friendly template sangat mudah, yaitu tinggal browsing maka akan muncul ribuan versi template seo friendly. Untuk persoalan seo friendly tidak akan ditulis dan tidak harus dimengerti secara detil. Anda tinggal bertanya pada yang lebih mengerti dalam memilih template yang tepat pada orang yang tepat tentunya.  

Tulisan Persiapan Membuat Website atau Blog Gratis hanya fokus pada bagaimana membangun website atau blog agar popular, terutama popular di mata search engine Google.

Sekilas mengenai tema template yang seo friendly adalah tema template yang memilih susunan atau struktur heading yang benar. Contohnya adalah ketika membuat sebuah tulisan, maka hanya judul tulisan yang menjadi heading 1, tak jauh berbeda dengan susunan penulisan buku atau karya tulis yang setelah judul (heading1) akan diikuti oleh sub-sub judul berikutnya. Judul pada sebuah tulisan yang benar adalah hanya  memiliki sebuah heading 1 (judul), bila lebih maka search engine akan bingung dan tentunya kita sebagai pembaca juga akan bingung apa judul sebenarnya dari tulisan yang dibaca. Yuk kita buat Persiapan Membuat Website atau Blog Gratis di SMKN 1 Cariu, SMK Bisa!!